unbrick handset LG L-series..


Sehubungan dengan banyaknya feedback di posting blog saya mengenai keluhan soal device LG L Series yang bricked (boot up terhenti di loading LG logo saja-red), saya bermaksud membantu bagi merasa device-nya perlu di-reflash. Dulu sih waktu awal-awal handset ini saya pakai memang bikin keki setelah saya lakukan rooting dan jadinya malah ngebrick. Ditambah lagi tutorial how-to-unbrick LG handset seperti kepunyaan saya masih jarang banget. Takut device-nya yang emang error akhirnya saya bawa ke service center gitu. Tapi kemudian saya belajar mengenal kekasih device saya lebih jauh, dan kini saya pun mulai memahaminya dan ikatan cinta kami pun semakin kuat. *apasih

OK, jadi kalau device LG L-series kita kena brick akibat ulah kreatif kita sendiri, mari dicoba reflash sendiri dengan bantuan fitur emergency mode, KDZ updater, USB cable dan driver, firmware official, sebuah perangkat PC, dan tentunya koneksi internet.

Langkah-langkahnya:

  1. Pastikan USB driver untuk LG device sudah terinstall di PC. Driver dan tutorialnya sudah tersedia dalam package box handset yang kita miliki, jadi yang gaptek pun insyaAllah sudah bisa mengerjakannya sendiri, cuma tinggal usaha mau baca manual book sebentar aja. Hehe
  2. Download official firmware LG handset dari link ini, pilih sesuai tipe handset dan negara, karena jika kita berada di Indonesia namun memilih firmware untuk LG handset versi Rusia misalnya, akan mengakibatkan network provider tidak terdeteksi dan tentunya bahasa bawaan handset juga tidak default berbahasa Indonesia. Namun bagi yang ingin menginstall firmware versi terbaru yang belum ada di negaranya, bisa dicoba menggunakan versi European Open, karena firmware ini memang bisa digunakan secara umum.
  3. Download KDZ Updater dari link ini, kemudian install di PC. Pada file .zip yang didownload pada link ini terdapat Microsoft XML parser, klik dan Run as Administrator, kemudian restart PC.
  4. Langkah selanjutnya adalah membuat handset berada pada emergency mode dengan cara melepas baterai, kemudian memasangnya lagi tanpa mengaktifkan device. Tekan dan tahan tombol volume up and down sambil kemudian menekan tombol power. Jika dilakukan dengan benar, maka device akan berada pada emergency mode yang ditandai dengan layar berwarna kuning dan bertuliskan emergency mode.
  5. Sambungkan PC dengan device dengan menggunakan kabel USB.
  6. Jalankan KDZ Updater yang sudah diinstall sebelumnya sebagai Administrator. Atur program dengan memilih type: 3GQCT, phone mode: DIAG, KDZ file: diperoleh dari file .kdz yang telah didownload sebelumnya. Kemudian klik Launch Software Update
  7. Tunggu hingga proses instalasi selesai dan terdapat pesan FINISHED pada log screen. Kemudian device akan mati dan dapat boot up dengan normal seperti sediakala.

Catatan: Dengan melakukan reflashing, otomatis semua data pada device akan terhapus seperti setelah melakukan factory reset. Biasanya setelah reflashing, boot up pertama akan memakan waktu lama, namun hal ini normal dan device akan tetap boot up seperti sediakala.

Semoga bisa membantu ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: