I am not normal..


Akhir-akhir ini saya banyak berbincang dengan teman-teman dan mendiskusikan masalah mental disorder. Jika bicara soal mental disorder, banyak sekali macam mental disorder yang sudah dipublikasikan dan diketahui masyarakat luas. Saya disini juga tidak akan bisa menjelaskannya satu per satu karena saya tidak mempunyai kapabilitas di bidang itu.

Soal mental disorder, saya sudah sekian kali mencoba iseng mengikuti tes psikologi maupun membaca referensinya. Dari hasil tes tersebut, saya memang mengalami kecenderungan pada masalah kepribadian tertentu. Namun selama ini saya masih merasa menjadi manusia normal. Dengan level personality disorder tertentu, saya masih merasa bahwa hal itu wajar, that’s why each person is unique. Hingga akhirnya saya mengangkat topik ini dalam ranah brainstorming bersama teman-teman.

Personality disorder saya yang levelnya mulai mengkhawatirkan adalah obsessive-compulsive personality disorder. Berbeda dengan OCD, OCPD ini adalah kondisi kepribadian dimana penderitanya malah cenderung bangga dan tidak merasa terganggu dengan pemikiran “luar biasa”-nya. Saya menyadari bahwa saya menjadi orang yang sangat idealis, perfeksionis, too much attention to detail, inflexible, overestimate, dan segala jenis overly focused lainnya. Luckily, saya bukan tipe overly attached girlfriend. πŸ˜›

Awalnya saya merasa ini wajar, hingga akhirnya dunia menunjukkan bahwa saya terlalu unrealistic – often misses the big picture. Saya doyan nyinyir ketika melihat sesuatu yang tidak sesuai common sense, menata semua barang-barang saya dengan urutan yang kata orang tidak wajar. Saya menata isi rak buku saya sesuai genre dan nama penulis, which is no one would even care about that unless it was a public library. Saya juga menata isi lemari dan tumpukan jilbab saya sesuai urutan warna RGB. Saya benci melihat lipatan di pakaian-pakaian saya, sehingga bahkan saya sering harus menyetrika ulang pakaian saya di lemari, dan masih banyak hal tidak penting lain yang menurut saya sangat mempengaruhi keberlangsungan saya dalam menjalani hidup.

Personality disorder lain yang menonjol adalah histrionic disorder, dimana penderitanya selalu ingin menjadi center of attention dan cenderung overreacted. Well, yeah, I am. Sejak kecil saya terbiasa selalu stand out, saya orang yang membutuhkan aktualisasi diri yang tinggi. Ada pula kecenderungan pada salah satu symptom yang cukup menjadi fenomena sosial di Jepang; hikikomori. Saya bisa berhari-hari tidak keluar rumah sama sekali bahkan tidak berinteraksi dengan manusia lain baik di dunia nyata maupun dunia maya. Sejauh ini saya bisa bertahan tiga hari hingga satu minggu untuk tidak keluar rumah sama sekali, bahkan tidak juga menginjakkan kaki di teras depan rumah. Weird, no? Kemudian narcissistic disorder, yang pada hal ini mengarahkan saya pada kondisi mental anorexic. Pada sebuah referensi yang pernah saya baca, seseorang yang punya keinginan untuk kurus saja sudah bisa digolongkan anorexic, hanya saja untuk saya levelnya masih mild. Oh nice, nambah lagi deh list mental disorder saya. -_-

Nah, yang membuat saya heran adalah saya merasa bahwa apa yang saya lakukan itu normal, tapi malah dinyatakan sebagai symptom untuk personality disorder tertentu. Seorang teman mengatakan bahwa mungkin menurut saya hal itu wajar, tapi di mata orang lain tidak; saya berlebihan, saya tidak normal.

Lalu manusia yang normal itu seperti apa? Apakah mereka yang tidak terdiagnosa kemungkinan OCPD, ADHD, histrionic, narcissistic, paranoid, borderline, dan bla-bla-bla yang lain? Memangnya ada? Kalau ada, saya mohon dibantu mendeskripsikan ciri-ciri manusia yang normal itu seperti apa.

Because, I want to get a (normal) life. 😐

4 comments

  1. Alfan Nasrulloh · · Reply

    Kayaknya cuma berlebihan aja itu.. πŸ™‚ Just take it easy, and don’t think too much :).

    1. hahaha. that’s it. I do have overthinking problem πŸ˜›

  2. ndhoel · · Reply

    mungkin malah yang ‘terlalu normal’ itu yang gak normal. tiap orang punya ‘kegilaannya’ masing masing πŸ˜€

    1. setujuuuuu! hihihihi πŸ˜›

Leave a Reply

