akibat kadar asam lambung tinggi..


Halo halo!
Saya balik merandom lagi di blog ini. Mihihihi. Mau curcol nih, dua hari ini puasa saya agak terganggu dan mengakibatkan saya gak berangkat ke masjid buat sholat tarawih berjamah.

Kenapa eh kenapa? Karena entah kenapa kepala saya sakitnya kayak ditusuk-tusuk linggis. *cekit cekit* Puncaknya adalah kemarin sore, kepala saya sakitnya luar binasa dan biasanya kan kalo sakit kepala itu bagian pelipisnya dipijit macem orang totok wajah gitu kan udah bakalan sembuh ya. Etapi, yang ada saya malah makin mual dan nyaris muntah, cuma berusaha buat menahan muntahnya sih, secara udah jam 4 tanggung amat gitu kalo mau ngebatalin. What’s wrong with meee??? 😐
Malemnya, sehabis berbuka akhirnya saya memberanikan diri menghadapi kenyataan pahit dengan memeriksakan diri ke dokter keluarga. Pas ibu dokternya nanya apa yang salah dengan badan saya, saya bilang deh kalo saya mengalami sakit kepala hebat dan mual, untungnya gak sampe muntah. Kemudian saya disuruh berbaring di ranjang untuk diukur tekanan darahnya dan diperiksa dengan stetoskop (pas stetoskopnya menyentuh perut saya rasanya girang banget, udah lama gak ngerasain dinginnya stetoskop. hihihihi). Tekanan darah saya 100/60, which is termasuk angka normal untuk saya yang emang berbakat genetik hipotensi. Si ibu dokter kemudian menyentuh kaki saya untuk memastikan diagnosanya tepat jika kaki saya memang dingin. Dengan berat hati kemudian saya menerima kenyataan jika kadar asam lambung saya meninggi. Resep obatnya sih cuma 3, satu strip antasida, satu strip aspirin (pereda sakit kepala bener aspirin kan yak?), dan satu strip vitamin B6. Cuma emang dasarnya saya benci sama obat, jadi rasanya banyak aja gitu obat-obat ini. 😐

vitamin. obat sakit kepala, antasida

Jadi ceritanya saya percaya gak percaya kalo ternyata sakit kepala itu ada hubungannya sama kadar asam lambung yang meningkat. Abis gimana coba? Yang bermasalah lambungnya kok yang sakit malah kepala? Emang saya punya riwayat sakit maag, tapi sudah tidak pernah kambuh kok dalam tahun 2012 ini, dan saya biasakan puasa sunnah juga (katanya bisa berkhasiat menyembuhkan maag). Jadi ternyata, kadar asam lambung meningkat itu kan menimbulkan gangguan pencernaan, nah gangguan pencernaan itu bisa ngebikin sakit bagian tubuh lainnya, yang di kasus saya sih sakit kepala. BARU TAU!

15 comments

  1. eh emotnya itu lhooo…. ndak nguati =))

  2. Assalamuallaikum..
    Saya juga penderita asam lambung naik nih mbak..baru seminggu yll pulang dr rumah sakit krn tiba2 sesak nafas akibat asam lambung naik ke dada, biasany cm nyeri aja g smpe sesak gitu 😀
    Ttg sakit kepala nih mb..apa rasany clekit2 kayak kesemutan gt yah ?

    1. wa’alaykumsalam wr wb..
      iya, kayak kesemutan gitu. di bagian pelipis sm pangkal hidung. 😐

  3. Apa benar penyakit asam lambung seseorang akan susah tdur dan perasaan cemas dan ketakutan

  4. aku juga punya penyakit asam lambung, tapi kyknya bukan maag yang biasanya kan sakit melilit, kalau lagi kumat lebih ke perasaan cemas/depresi, trus sesak, perasaan kyk mau pergi kemana gitu….
    setahun yg lalu malah pernah detak jantung saya sampe ke 150kali/menit…. skr alhamdulillah gk pernah sampe separah dulu, tapi skr yah gini2 ajah…, kadang tiap malem, atau kapanpun kalau lagi kumat pasti hati ini jadi gundah alias galau… paling skr saya ngindarin makanan yg memicu asam lambung naiik, dan lebih mendekatkan diri ke Allah, supaya hati tentram….

  5. senasib neh ane ama si Pandu,,,
    gejala yang dirasakan sama persis tak ada beda >_<

  6. meilinda · · Reply

    ada ga yg ngrasain klu lambung kumat badan di bag blakang pada pgal2 spt br hbs jd kuli angkut? trus salah mkn sdikit di ulu hati nyeri bgt..wlu dah ke Dr brkali2 tp msh aja kambuh..?

    1. pernah sih kalo pegal2 di tubuh bagian belakang. tapi setelah minum antasida dan mengatur pola makan dg baik jadinya nggak kumat lagi kok.

  7. sepertinya saya juga mengalami hal yg sama spt apa yg dirasakan oleh mbak ini.

  8. Assalamualaikum,

    saya penasaran nih mb,dada saya sering terasa antep alias berat begitu juga punggung. kadang2 punggung tuh terasa nyeri di beberapa bagian. apalgi hidung berbulan-bulan terasa buntu padahal udah cek ke dokter THT gpp. apa ini juga. truuss sy tuh bbrpa waktu lalu hampir setiap hari masuk angin. beberapa kali ke dokter pasti dikasih obat maag. nggak sembuh juga. apa sy juga kena asam lambung naik ya… www. tx. Yayuk.

    1. hmm. kalo korelasinya dengan hidung buntu saya sih nggak tahu. biasanya asam lambung tinggi itu emang bikin punggung nyeri seperti masuk angin, pusing, mual juga. tapi menurut pengalaman sih dg rutin minum obat maag dlm beberapa hari udah bisa sembuh.

  9. sakit maag idektik dengan “rasa” ketika asam lambung meningkat, maka perasaan menjadi sedih dan menderita, merasa diri ditelantarkan jauh dari komunitas. depresi ringan sampai berat. pkirina jadi kacau dan merasa sedih sendiri sedunia….. anehnya pikiran kadang cepat menyesuaikan dg kondisi beginian. pikiran menjadi ikut2an mendukung kesedihan. jadi klop komplit dah.

    lebih-lebih pas ada masalah ringan di rumah atau Pekerjaan… wah jadi serasa ingin mati saja.

    solusi obat hanya sementara, saya memakai cara pendekatan diri kepada Allah SWT, ampuh dan jossssss

  10. Mbaa, Q jga nih kmarin 2 hari nafas ssak smpai rasa nya g karuan trus mama takut n mutusin buat priksa n trnyata bner asam lambung ku tinggi n tkanan drah ku JD drop smpe 90/60 Q cmaa d kasi omeprazol sma inpepsa syrup tpii smpai hari ini Blum brkurang sakit nya

    1. hehe saya abis kumat lagi lebaran kemaren. kalo mau sembuh jangan lupa makan teratur. asam lambung tinggi itu yaa kuncinya minum antasida dan makan teratur. biasanya tiga hari udah sembuh kok, asal makan teratur, menghindari yg makanan asam dan pedas. semoga cepat sembuh ya.. 😀

Leave a Reply

