malang tempo doeloe 2012..


http://www.malang-guidance.com/wp-content/uploads/2012/03/Festival-Malang-Tempoe-Doeloe-2012.jpg

Malang Tempo Doeloe yang biasa disingkat jadi MTD a.k.a Festival Malang Kembali (FMK) – nama lamanya MTD, udah ketujuh kalinya diselenggarakan di kota Malang saya yang tercinta ini. Pertama kalinya digelar tahun 2006 dulu, pas jaman saya masih imut-imutnya jadi siswa kelas 1 SMA. 😳 Event ini semacam event tahunan dalam rangka memperingati ulang tahun kota Malang setiap tanggal 1 April yang akhirnya bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan domestik maupun luar negeri yang kebetulan ada di Malang. Dari namanya aja udah tempo doeloe ya, jadinya emang event ini berkonsep nostalgia kota Malang jaman baheula dulu.

Selama tujuh kali digelar, mengunjungi MTD ini kemudian menjadi ritual tahunan bersama teman masa SMA maupun teman kuliah. Awalnya sih seru ya, secara dulu pas jaman masih cupu saya jarang traveling keluar kota dan event macem ini termasuk unik. Sampai keempat kalinya digelar, acara ini masih cukup menjadi daya tarik buat saya dan teman-teman untuk menghadiri event ini setiap tahunnya. Honestly, menurut saya ada yang kurang dalam setiap event MTD setiap tahunnya. Konsep yang dibuat kayaknya sih sama aja, sama-sama serba jadul tapi tidak juga berbeda setiap tahunnya. Kalau buat pengunjung yang hobi nyinyir kayak saya, hal ini jelas bikin bosan. Pada akhirnya saya mengunjungi MTD itu hanya sebagai syarat buat bisa jalan-jalan dengan teman-teman saya, cuma itu. Seharusnya sih bisa dibuat tema berbeda setiap tahunnya, mungkin bisa menampilkan tema Malang tahun 1900-sekian (yang saya juga gak tahu wujudnya kayak apa, kecuali tahun 1990-an 😛 ) dengan menampilkan diorama kehidupan kota Malang pada jaman itu. Saran aja sih ya, buat ke depannya kalo-kalo ada tim panitia yang kebetulan baca. 🙂

Karena sudah dikenal masyarakat luas, jadinya event ini kemudian diminati banyak sekali pengunjung. Hal inilah yang kemudian membuat event ini menjadi makin kemriyek. Pengunjung biasanya makin mencapai klimaks pada malam hari. Untuk menyiasati kemriyek dan high traffic di antara lautan manusia, akhirnya saya dan teman-teman sih memilih menghadiri acara ini di waktu sore dengan harapan kami bisa menikmati event ini sambil berfoto ria. But, doyouknowwhat? Gila ya sekarang sore aja udah kemriyek! 😡 Begitu masuk ke area MTD via gerbang di Jalan Kawi, kemriyek sudah mulai terasa dan mood saya langsung melenyap seketika. Kalau bukan karena hari terakhir MTD dan partner jalan saya si Andina ngotot tetep pengen masuk, mungkin saya udah balik di belokan Jalan Ijen yang pertama. 😐

Actually hari Jumat lalu saya juga udah ke MTD sih, berangkat sore bersama teman kuliah buat mengunjungi stand si Faye dan Gizh, yang kemudian saya lanjutkan hingga malam hari bersama geng bermalam mingguan – makan lalapan – belajar buat UNAS jaman SMA dulu. Sudah bisa ditebak lah ya kalau malam trafficnya bakalan seperti apa, tapi waktu itu kami terpaksa ikut arus lautan manusia karena sudah sangat kelaparan seharian belum makan demi seporsi lontong tjap go meh yang dijual di stand depan Perpustakaan Kota Malang.

Foto? Saya udah mendeskripsikan kalau suasana MTD baik sore atau pun malam itu kemriyek kan? Jadi sangat tidak memungkinkan saya mengambil gambar di tengah kepadatan arus lautan manusia, kecuali kalau saya pengen ponsel saya lenyap terbawa arus. Oleh-oleh MTD kali ini, cuma lumpur bakar tiga topping kismis-kelapa-keju (karena saya adalah pecinta kue lumpur) dan sebiji foto kamera jadul yang dipajang di stand barang peninggalan Bung Karno. Lumayan….

Image

Image

One comment

  1. Astaga, tahun 2006 itu saya baru mulai kuliah. 😆

Leave a Reply

