KKM, somehow i miss those moment..


KKM stands for Kemah Kerja Mahasiswa. Only mahasiswa Universitas Brawijaya – Fakultas Teknik will understand this 😛 KKM itu istilahnya semacam bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat beti-beti sama KKN (Kuliah Kerja Nyata). Nah, kalo di fakultas teknik KKN ini tidak dilaksanakan di semester tua seperti pada umumnya, tapi cukup dilaksanakan kurang lebih seminggu di masa akhir ospek maba (namanya Probinmaba – Program Pembinaan Mahasiswa Baru kalo di FT UB). Well, kalo kata saya ini enak banget! :mrgreen:
Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, KKM dilaksanakan setiap pertengahan bulan Februari. Entah kenapa pokoknya pas tanggal 14 Februari itu selalu dihabiskan di lahan KKM. Katanya sih dipasin sama valentine day 🙄 actually saya gak tau itu korelasinya apa :!:. Dan kali ini, dua adik saya kan udah pada kuliah tuh, mereka itu jaraknya cuma beda setahun. Tapi adik saya yang paling bungsu ini pas SMAnya ikut program akselerasi, jadinya sekarang dia udah kuliah seangkatan dengan adik saya yang satunya. Mereka juga sama-sama kuliah di teknik – yang satu jurusan mesin dan yang lain jurusan elektro. Well, Februari always reminds me about KKM. Apalagi kedua adik saya ini juga pastinya ikutan KKM. Mereka udah mulai ngerjain keplek kelompoknya, dan yang paling malang sih nasib adik bungsu saya yang sekelompok itu normalnya 14 orang, eh kelompoknya dia baru 3 orang yang terkumpul karena yang lain masih pada pulang kampung *ah dasar maba masih doyan pulang kampung. hahaha*. Mereka sedang dikejar deadline pengesahan keplek. Jadilah dia ngerjain keplek temennya yang sekian orang gak hadir itu sendirian. *freepukpuk buat dia* 😛

keplek kelompoknya adik saya :mrgreen:


Somehow pas saya ngeliat dia ngerjain keplek, saya jadi kangen masa-masa maba itu. Waktu itu saya juga melakukan suatu tricky trick yang sebenernya saya lakukan sejak zaman awal PK2 maba : keplek yang seharusnya dibuat manual, saya bikinnya diprint dengan membentuk outline hurufnya saja dan kemudian diblok dengan spidol marker agar tidak tampak jika keplek saya diprint 👿 somehow trik ini berhasil sampai akhirnya sepintar-pintarnya bajing meloncat akhirnya jatuh ke pelimbahan juga 😐 seorang teman yang menggunakan jasa saya dalam hal printing keplek ketauan oleh panitia 🙄 yaudah jadilah keplek KKM saya adalah keplek tersakral karena saya bikin 100% manual. 😆

keplek saya yang sakral itu :mrgreen:


Saya kangen jadi maba, yang masih so cupu so lugu 😳 apalagi kalo udah inget saya udah semester tua dan masih galau skripsi. 😐
Well, sekarang jurusan eh masih prodi dink, prodi saya udah bikin fakultas sendiri dan udah lepas dari fakultas teknik yang jadi kebanggaan saya dengan segala kembuletan birokrasinya – dan masih tetap sampai sekarang sih :-), saya jadi semakin kangen dengan KKM dan segala tetek bengek keteknikan. Apapun fakultasnya, apapun gelar saya ketika saya menjadi sarjana nanti, insyallah saya tetap akan selalu menjadi seorang engineer. 🙂

7 comments

  1. ….di kampus saya gak ada KKM dan KKN. Entah ya, apakah kami harus mensyukuri itu atau nggak…

    1. errr.. terus bentuk pengabdian masyarakatnya kek apa? 😯

  2. waktu jaman KKM, aku ngepos pengalaman per hari di blog lama yang labil itu 😆

    1. pasti isinya labil juga? ngeluh2in KKM. 😆 sekarang aja kangen deh sama masa2 itu 😐

  3. salam kenal mbak….aku maba 2011.hehe

    1. salam kenal juga dek. maba TIF atau maba teknik? :mrgreen:

  4. kemarin saya baru saja dolan ke KKM 35, somehow kurang semenantang waktu jadi panitia KKM 22 dulu. Well, tiap jaman punya tantangan masing-masing. Saya pikir KKM kemarin pun nampaknya begitu…

Leave a Reply

