After the Honeymoon..


Dari judulnya udah ngeri euy, udah kek orang baru nikah aja. Hahaha. Etapi sumpah ini bukan cerita tentang saya atau bahkan tentang kemupengan saya dengan hal-hal berbau pernikahan, tapi tentang sebuah novel yang saya baca. :mrgreen:
Usai bertemu dengan Wachi kemarin, saya masih punya waktu sekitar 2 jam menuju agenda saya berikutnya, akhirnya daripada pulang dan tetep aja nganggur di rumah, saya memilih pergi ke perpustakaan kota – tempat yang sudah lama tidak saya kunjungi. Awalnya mau nyari buku-buku novel tentang traveling sih, cuma tampaknya buku-buku di perpus kota masih belum up to date 😦 Akhirnya yaa, saya berjalan ke arah buku-buku fiksi dan mulai menelaah buku-buku yang sekiranya bagus dan belum saya baca. Ketemu deh dua buku yang tampaknya menarik, karangan Ollie : I’m On Fire! dan After the Honeymoon. Awalnya saya tertarik dengan After the Honeymoon ini, karena covernya cukup elegan, dan semoga saja isinya juga demikian bagus seperti covernya. :mrgreen:
Oke, dan malam kemarin saya habiskan dengan membaca dua buku itu. Pertama, kesan saya soal buku Mbak Ollie yang I’m on Fire, jujur saya bosan dan merasa aneh, itu novel teenlit banget deh! 😛 Atau mungkin emang jenisnya teenlit tapi berhubung jenis bacaan saya udah berubah dari teenlit ke novel-novel ringan lain yang lebih realistis, jadinya kesan yang saya dapat dari novel itu jadi berbeda. Ceritanya terlalu `anak orang kaya` banget deh. Hehe. Persis seperti draft novel-novel yang saya buat jaman SMP, dimana ceritanya selalu tentang kisah anak-anak orang kaya. 😆

Setelah gak puas dengan novel yang itu, saya pun melanjutkan dengan After the Honeymoon. Awal ceritanya cukup menarik sih, Cuma terdapat beberapa detail cerita yang cukup membingungkan dan membuat saya harus memikirkan kalimatnya dua kali (dikit amat mikirnya 😛 ). Dan endingnya cukup manis, dengan upaya sang suami (Barra) yang menuruti keinginan ngidam istrinya (Ata) : ngupasin mangga muda buat Ata, makan pepperoni pizza berdua di Taman Suropati, dan memberi Ata puisi cinta. 😳
Di novel ini, saya rasa ceritanya cukup realistis. Yah, mungkin seiring dengan kedewasaan penulisnya juga kali yaa. Hehe. Saya mendapat gambaran tentang pernikahan yang yah, cukup realistis. Bahwa pernikahan itu tak seindah yang dibayangkan di cerita-cerita dongeng yang selalu happily everafter. 😡 Tapi ya tetep aja pernikahan itu pasti ada indahnya, makanya saya juga tetep mau nikah meski tidak dalam waktu dekat. Hehehe. :mrgreen:
Cerita tentang gaji istri yang lebih besar daripada suami, memang benar terjadi di kehidupan nyata. Dan komentar orang-orang tentang `bahaya` yang terjadi jika gaji istri lebih besar daripada suaminya. Saya belum tau juga ya, nanti juga bakal seperti apa kalau-kalau yang terjadi gaji saya lebih besar dari suami, tapi toh yang penting suami menafkahi, dan jika memang gaji suami tidak cukup buat menafkahi keluarga naudzubillahimindzalik tapi dong, ya disitulah peran penghasilan seorang istri. Yah, bagaimanapun, menikah adalah untuk bisa saling melengkapi perbedaan tentang kekurangan dan kelebihan masing-masing. (soktau) :mrgreen:
Ada bagian yang saya suka di ending cerita ini :

Sekarang, Barra baru menyadari, rumah tangga menjadi tempat yang tepat untuk belajar lebih dalam tentang hidup. Dan, keluarganya menjadi jawaban untuk kebahagiaan yang sebenar-benarnya. 🙂

Oh iya, dan gara-gara novel ini saya jadi gak pengen hidup merantau di Jakarta! Kenapa? Karena hidup di Jakarta jaman sekarang itu, waktu hidup kita banyak habis di jalan. Aduh, gak bisa kebut-kebutan kek biasanya dong! *PLAK* Dan seandainya saya harus hidup di Jakarta, semoga penghasilan suami saya nantinya berkecukupan untuk menafkahi keluarganya sehingga saya tidak perlu kerja berat-berat dan bisa mengurus keluarga dengan nyaman aman damai sentausa. Hehehe. (maunya sendiri) 😛

Leave a Reply

