Pengmas KKM shift 1 #day 5 (the last day!!)


Wohooo.. Tanggal 28 Januari 2011! Kami menyambut pagi di hari ini dengan cerah ceria tentunya! Sore hari setelah kami mengajar di kelas keterampilan tambahan, kami akan pulang kembali ke peradaban! :mrgreen:
Pagi ini kami datang terlambat ke sekolah, kaminya juga sih yang salah. Nyempet-nyempetin foto bareng dulu sebelum berangkat, padahal waktu sudah menunjukkan pukul 07.00 WIB. Hihi 😛

sie pengmas shift 1


Saya, Jun, Ceri, dan Widya memiliki jadwal mengajar pagi, sedangkan Alvita – yang ditinggal sendiri oleh Wilda karena harus pulang ke Malang terlebih dahulu untuk menghadiri rapat dan sharing senior – tidak memiliki jadwal mengajar pagi. Namun niat saya urung saat akan mengajar di kelas 4, karena rupanya keterlambatan kami sudah keterlaluan sampai-sampai Bu Mar, wali kelas 4 sudah masuk kelas dan mengajar siswanya. Huhu 😦 Akhirnya, daripada nganggur, kami semua pun berkumpul di kelas 3. berkenalan dengan siswa-siswinya yang masih imut-imut sekaligus menemani Ceri dan Widya mengajar. :mrgreen: Jam 09.00 mata pelajaran PKn di kelas 3 pun berakhir, kami keluar kelas dan langsung ngibrit ke kantor guru menikmati waktu istirahat untuk kemudian memulai mengajar kembali pukul 09.30 WIB.
Jadwal pelajaran siswa kelas 4 hari ini adalah IPS dan Bahasa Indonesia. Ahem, ngerasa sering banget ada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4 gak sih? Saya juga heran, ini kenapa mata pelajaran Bahasa Indonesia sampai 6 jam dalam satu minggu, sementara mata pelajaran Matematika mereka hanya 2 jam saja dalam satu minggu. 🙄
Sepanjang hari hingga jam sekolah berakhir sih belum ada hal menarik yang terjadi di sekolah, semuanya masih terasa lempeng-lempeng aja. Baru kemudian usai jumatan, kami kembali ke sekolah untuk mengajar kelas keterampilan.
Yak, karena tenaga pengajar yang kurang dan dapat dipastikan akan kewalahan jika kelas 3, 4, dan 5 diajar di kelas masing-masing, maka kami pun menggabungkan ketiga kelas tersebut dalam dua kelas. Namun, usaha kami tak berjalan mulus. Anak-anak itu bahkan sampai beradu mulut karena anak kelas 4 tak mau kelasnya digabung dengan kelas 3 atau pun kelas 5. Begitu pula anak kelas 3 dan 5 yang mengadu pada kami, mencibir bahwa anak kelas 4 sombong-sombong. Hahaha, dasar anak-anak. 😆
Yah, memang anak kelas 4 siswanya lebih rajin dan penurut daripada kelas lain. Kelas 3, memang masih nurut-nurut sih, Cuma ramainya gak karuan. Nah, kalo kelas 5 ini yang bikin ampun-ampunan! 🙄 Susah banget diaturnya! Bahkan saya sempat tanpa sengaja membanting kursi ke lantai gara-gara kursi itu diletakkan di atas meja oleh anak-anak kelas 5 saat kami menyuruh mereka merapikan bangkunya. 😡 Sejujurnya saya gak maksud ngebanting itu kursi, Cuma itu kursi lumayan berat dan tangan saya tidak pada posisi mengangkat yang pewe, akhirnya kebanting deh! 😛 Kesan yang muncul seperti saya marah, padahal saat saya memalingkan muka saya dari siswa kelas 5 itu saya menahan tawa. Hahahaha 😆
Kami mengajari mereka membuat bunga jagung dari sedotan. Saya yang mengusulkan ide itu kepada kasie pengmas, Ceri – karena cara pembuatannya mudah dan murah. Di luar dugaan, ternyata siswa-siswi itu excited sekali dengan pelajaran keterampilan yang kami beri. Siswa-siswi kelas 5 bahkan mondar-mandir dari kelasnya menuju ke kelas 4 untuk menemui saya meminta diajari finishing pembuatan bunganya. Pelajaran tambahan ini berlangsung dari pukul 13.00 hingga 14.00 WIB. :mrgreen:
Dan, tak lupa usai mengajar, saya dan Jun berfoto bersama anak didik kami. Huaa,, kami akan merindukan kalian anak-anak didikkuuuu~ :mrgreen:

saya, Jun, dan murid kami di kelas 4


Pukul 14.45 kami pun pulang ke Malang dengan menumpang pada mobil sie transportasi. Seharusnya jarak lokasi pengmas dan kampus bisa ditempuh dalam 45 menit sih, hanya saja mobil yang kami tumpangi sempat mogok sebanyak 3 kali, hingga akhirnya kami baru tiba di kampus sekitar pukul 15.30.

tak lupa kami sempatkan bernarsis ria di perjalanan pulang. hehe


Pengalaman saya yang ini sungguh tak terlupa sekali! Benar-benar melatih kesabaran saya. Haha. Semoga nantinya saya bisa lebih sabar juga. Amin.. :mrgreen:

Leave a Reply

