Pengmas KKM shift 1 #day 3


Yuhee.. Di hari ketiga pengmas tanggal 26 Januari 2011, saya tampak mulai kerasan di lokasi. Tapi bukan berarti juga saya mau men-double shift hingga shift berikutnya. πŸ˜›
Jadwal mengajar saya hari ini adalah Matematika, IPS, dan Bahasa Indonesia. Belum-belum tenaga saya sudah tersedot saat mengajar matematika di kelas 4 ini. Mengapa? Bagaimana tidak? Materi yang kami sampaikan saat itu adalah mengenai operasi penjumlahan pada bilangan negatif. Kami memberikan 10 buah soal saja agar dapat digunakan sebagai latihan berhitung mereka. Namun ternyata, banyak dari mereka yang belum memahami perbedaan bilangan negatif maupun bilangan positif. Bahkan pengurangan bilangan positif dengan menggunakan garis bilangan pun mereka masih banyak yang belum paham. MasyaAllah.. 😑
Alhasil, selama 2 jam saya dan Jun bercuap-cuap mengajari murid-murid kami satu per satu mengenai operasi hitungan penjumlahan bilangan positif dengan menggunakan garis bilangan. *bibir saya makin seksi aja nih bisa-bisa.. πŸ˜›
Pukul 09.00 kami pun keluar kelas dengan kepala cenat-cenut, kelaparan, dan kehausan karena tenaga kami sudah habis untuk bercuap-cuap secara personal untuk mengajari murid kami berhitung. πŸ™„ Huff~

suasana kelas 4


Pelajaran selanjutnya adalah, IPS! Karena saya dan Jun sudah lelah, akhirnya kami hanya mendiktekan catatan saja untuk murid kami. Hehe. Ini juga upaya cerdik kami agar kelas bisa tertib sekaligus tidak menghabiskan tenaga kami lagi untuk mengajar di hari ini. :mrgreen: Tahu sendiri laah, anak SD mana bisa diam jika tidak didiktekan catatan. Hahaha..
Nah, meskipun taktik kami ini lumayan cerdik, toh masih saja ada losesnya. 😑 Sejak pelajaran matematika hingga IPS ini, sudah dua kali Jun membentak Mamat karena dia klothek’an – gerakan memukul-mukul meja hingga menghasilkan irama tersendiri. 😯 Apalagi si Jun sedang PMS, sudah pasti gerakan Mamat yang bandel sedikit saja sudah dapat menyulut api kemarahan Ibu Guru Jun. Hihi πŸ˜›
Usai pelajaran IPS, tibalah jam istirahat. Kemudian, kami masuk kelas lagi pukul 11.00 WIB. Tadaa! Saatnya pelajaran Bahasa Indonesia! Beruntungnya, kami memang belum menyiapkan materi apapun dan ternyata Ibu Mar, wali kelas 4 menyuruh kami untuk memberikan ulangan kepada siswa kelas 4. Saya dan Jun bergantian menuliskan soal di papan tulis kemudian berkeliling kelas. Saya mendapati Mamat hanya meng-copy paste pekerjaan kawan sebelahnya saja, ingin sekali saya menegur tapi takutnya dia malah kabur dari kelas bisa bikin urusan tambah runyam aja jadinya. 😑
Ulangan berlangsung lebih lama dari biasanya. Bahkan hingga sekolah nyaris ditutup pukul 12.30, murid-murid kami banyak yang masih belum pulang karena ulangannya belum selesai.
Seorang murid imut nan manis bernama Hisyam *tenaaang! saya bukan pedofilia kok, tenang aja. Hihi :-P* dia pulang paling akhir, hingga ayahnya yang menjemput menunggu di depan pintu kelas. Saya sampaikan permintaan maaf terlebih dahulu kepada ayahnya karena dia harus pulang terlambat karena masih mengerjakan ulangan. Kemudian saat Hisyam selesai, ia buru-buru keluar kelas dan menemui ayahnya. Saat itulah tanpa sengaja saya menyaksikan percakapan ayah dan anak yang tampak sangat hangat sekali.

Ayah Hisyam : Tadi ulangan ya?
Hisyam : Iya *mengangguk lugu – sumpah bikin gemes!! :shy:
Ayah Hisyam : Kenapa kok lama? Nulisnya lambat ya?
Hisyam : Iya *mengangguk lugu lagi, kali ini ditambah ekspresi memelasnya yang tampak takut salah*
Ayah Hisyam : Yaudah, nanti belajar nulis cepet ya..
*mereka pun berlalu dan pulang*

Ketika itu saya mulai mengenali setiap kemampuan dan kepribadian anak-anak didik saya. Salah satunya Hisyam, anak ini cukup pemalu, lugu, tak banyak bicara, dan cukup penurut. Keesokan harinya, saat saya melihat buku nilai, ternyata malah Hisyam lah satu-satunya siswa yang memperoleh nilai 100 untuk ulangan Bahasa Indonesianya. Ternyata dia cukup pintar.. :mrgreen:
Heu, tak lupa saya dan Jun memberi mereka PR juga. Kami memberi mereka tugas mengarang tentang cita-cita mereka dengan ketentuan minimal satu halaman. Mau tahu bagaimana cita-cita mereka? Kita lihat saja di tulisan saya berikutnya mengenai pengalaman hari keempat pengmas shift 1. :mrgreen:

Leave a Reply

