Kimbab..


Ada yang pernah denger kimbab? Atau tulisan aslinya gimbap. :mrgreen:
Kimbab itu nama makanan Korea, semacam masih saudaranya sushi di Jepang. Cuma biasanya si kimbab nggak mau disebut sushi a la Korea. Sebut sajalah dia kimbab seperti adanya. :-p

kimbab a.k.a sushi a la korea

Kimbab itu apa? Asalnya dari kata kim yang artinya laver / rumput laut kering dan bab yang artinya nasi. Yah intinya, dia adalah semacam nasi gulung yang dibalut rumput laut kering. Hehe :mrgreen:
Makanan ini cocok buat bekal piknik atau bekal buat adek-adek yang masih sekolah.
Iseng-iseng bikin sebenernya, gara-gara ngelihat ada nori teronggok di kulkas, daripada mubadzir mending dipake bikin-bikin makanan apa gitu yang simpel. Hehe :mrgreen:

Yak, jadi ini resep bikin kimbabnya..

Bahan :

  • Nori / kim / dried seaweed / rumput laut kering yang bisa dibeli di supermarket. *Oiya, lebih baik pake rumput laut yang ori aja, bukan yang biasa dibuat snack
  • Nasi hangat (kalau mau bentuk kimbab yang bagus, agar nasinya tidak pecah sebaiknya waktu menanak diberi sedikit campuran beras ketan – jadi nasinya bisa agak lengket)
  • Minyak wijen
  • Wortel diiris memanjang
  • Sosis sapi atau ayam diiris memanjang terserah aja
  • Telur dadar yang diiris memanjang
  • Garam secukupnya
  • Sayuran pelengkap lain, seperti ketimun, bayam, lobak, de es be yang diiris memanjang juga

*Sebenarnya isian kimbab ini terserah aja, sesuai selera yang mau bikin. Mau bikin kimbab isi abon ayam aja juga bisa kok.. :mrgreen:

Cara membuat :

  • Campur nasi dengan minyak wijen
  • Ambil selembar lebar nori
  • Letakkan nasi yang telah dicampur dengan minyak wijen di atas nori, sebaiknya di salah satu sisinya aja biar nasinya bisa digulung dengan rapi nantinya. Bubuhkan sedikit garam di nasinya biar lebih terasa asinnya
  • Tata isian kimbab diatas nasi
  • Gulung nori dan isiannya (kalau punya alas bambu buat menggiling sushi, bisa dipake biar hasil gulungannya jadi lebih bagus atau kalau nggak ada bisa pake plastik aja biar norinya nggak lengket di tangan waktu digulung)
  • Setelah kimbab selesai tergulung dengan indahnya, potong kimbab yang sudah digulung kira-kira dengan ketebalan masing-masing 2 cm
  • Sajikan hangat-hangat :mrgreen:
Advertisements

4 comments

  1. fi, gimana kalau nanti pas udah masuk kuliah bikin ginian lagi, terus dianterin ke kosku (blush)

    1. bikin sih oke2 aja kin.. cuma kalo nganterin ke kosmu keknya berat deh.. 😛

  2. aigooo,mantab kali kimbabnya,selanjutnya kimchi 😀

    1. susah mas bikin kimchi itu. susah di fermentasinya. kalo gagal, bisa membahayakan perut.. 😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: