Indonesia Mengajar, suatu impian..


Indonesia mengajar..
Frase ini sudah sering saya dengar dan saya lihat sebelumnya di berbagai media di dunia maya, terlebih lagi pernah marak di perbincangkan di twitter. Informasi yang saya ketahui tentang kegiatan ini awalnya sangat sedikit, yaitu mengenai suatu kegiatan mencerdaskan bangsa, dimana akan dikirim beberapa pengajar muda ke daerah terpencil, itu saja (yang saya tahu).
Kemudian pada suatu malam, (calon) pasangan saya yang saat ini tengah kuliah di ITB bercerita tentang seminar yg dia hadiri siang harinya. Di salah satu sesi seminar, materi mengenai Indonesia Mengajar ini disampaikan. Dia menyampaikan ketertarikannya pada kegiatan ini, tentunya karena pengalaman yang pastinya akan sangat menarik dimana kita bekerja mengemban misi negara untuk mencerdaskan bangsa dan juga keuntungan pasca bekerja dalam kegiatan ini.
Saya pun semakin penasaran, akhirnya saya ketikkan keyword Indonesia Mengajar di kolom pencarian paman google. Kemudian muncul alamat link indonesiamengajar di kolom teratas hasil pencarian.
Saya klik alamat tersebut, dan terbukalah website tersebut.

homepage website indonesiamengajar.org

Dari foto yang tampak pada halaman pertama web tersebut, saya langsung teringat pada pengalaman saya mengajar di desa terpencil saat Bedhol Bhawikarsu (untungnya saat saya ketikkan keyword Bedhol Bhawikarsu untuk mencari deskripsi mengenai kegiatan sosial tahunan yang dilakukan SMA almamater saya dulu-SMA Negeri 3 Malang.red- telah banyak website yang menyediakan informasi mengenai kegiatan ini. Bahkan di wikipedia sudah ada!! πŸ˜€ ).

Bedhol Bhawikarsu merupakan kegiatan tahunan SMAN 3 Malang yang diselenggarakan pada tengah semester gasal semenjak tahun 2002. Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan seluruh elemen SMAN 3 Malang kepada masyarakat di pedesaan selama tiga hari – dua malam. Kegiatan ini diisi dengan Bakti Sosial berupa pemberian bantuan, penyuluhan, pendidikan serta pemeriksaan kesehatan secara gratis. Kegiatan ini didukung oleh dana swadaya serta bantuan dari Ikatan Alumni SMA Negeri 3 Malang (IKASMARIAGITMA)
Pasted from

Oiya, kembali ke cerita soal pengalaman mengajar saya saat bedhol. Saat itu saya masih duduk di bangku kelas 2 SMA, dimana saya masih menjadi anggota OSIS SMA Negeri 3 Malang tahun 2006-2007 dan kebetulan menjabat sebagai sekretaris sekaligus kasie kesekretariatan kepanitiaan Bedhol Bhawikarsu 2006 (jalan hidup keorganisasian saya sejak jaman SMP hingga saat ini memang selalu hanya berkisar pada jabatan : SEKRETARIS –“). Dalam rundown kegiatan bedhol terdapat agenda bakti sosial (seperti yang dijelaskan pada deskripsi mengenai Bedhol Bhawikarsu) yang berupa pemberian bantuan di bidang pendidikan. Dalam dua tahun bedhol terakhir saya (tahun 2006 dan 2007), saya ikut turun tangan langsung mengajar siswa SD yang merupakan sasaran bakti sosial di desa tempat bedhol diselenggarakan.
Yang paling menyisakan kenangan buat saya adalah pengalaman saya mengajar di SD saat tahun 2006 yang bertempat di suatu desa di daerah Nongkojajar-Pasuruan. (Sayangnya foto hasil dokumentasinya masih terpenjara di harddisk komputer desktop di rumah yang sedang rusak. Nanti deh kalau komputer saya sudah sehat akan saya tunjukkan foto-fotonya). Saat tiba di lokasi mengajar pertama kalinya saya hanya bisa mengucap syukur kepada Allah atas rahmatnya yang telah diberikan kepada saya selama ini, orang tua saya diberikan rezeki yang cukup untuk menyekolahkan putrinya di sekolah favorit selama ini. Begitu pula ketika saya masuk di kelas untuk mengajar, senyum mereka sangat ceria sekali menyambut saya dan seorang teman saya yang mendapat bagian mengajar di kelas 3 (seperti foto siswa SD di banner website Indonesia Mengajar).

wajah anak-anak yang mengingatkan saya akan kenangan Bedhol Bhawikarsu

Namun di dalam hati saya miris, saya menyaksikan mereka sekolah tanpa menggunakan seragam, jika mengenakan sepatu pun kaos kaki kanan-kirinya tidak sama warnanya (satu hitam satu putih), atau bahkan tanpa mengenakan alas kaki. 😦
Sang Ibu kepala sekolah memohonkan maklum pada kami (panitia bedhol yang ikut mengajar) atas kondisi siswanya, beliau menyatakan bahwa dengan mereka memiliki keinginan untuk bersekolah itu saja sudah cukup, dengan latar belakang ekonomi yang sangat pas-pasan, biasanya orang tua mereka hanya akan menyuruh mereka bekerja, namun Ibu kepsek itu begitu gigih mengupayakan sosialisasi agar anak-anak di desa itu mau bersekolah.
Saya begitu ingin mengulang kenangan itu lagi. Suatu kenangan indah berbagi dengan sesama, berbagi ilmu, berbagi kebahagiaan, meski yang saya lakukan dulu hanyalah membagi peralatan sekolah dan beberapa butir permen untuk adik-adik yang saya ajar disana.

Ehm, sekarang kembali ke Indonesia Mengajar..
Saya begitu tertarik saat mengetahui persyaratan peserta Indonesia Mengajar, di samping karena saya pernah punya pengalaman mengajar (yang hampir mirip) seperti itu, juga karena saya sangat menyukai kegiatan mengajar. Gimana yaa, saya merasa menemukan kebahagiaan saat berbagi ilmu dengan orang lain, saat saya berusaha membuat peserta ajar saya mengerti mengenai materi yang saya sampaikan.
Sayangnya saya sekarang masih semester 5, masih harus menempuh insyaAllah maksimal 3 semester lagi untuk lulus, baru kemudian saya bisa berjuang untuk menjadi peserta Indonesia Mengajar. Dan sembari menjalani waktu yang harus saya tempuh itu, semoga saya dapat mengumpulkan pengalaman-pengalaman berharga untuk kehidupan saya sehingga dapat menjadi bekal saya nantinya. InsyaAllah, amin.. πŸ™‚

6 comments

  1. ehm jadi saya dimasukkan dalam proker kalian berdua ya *(calon) pasanganmu dan kamu* (unsure)

    kl gitu sampe ketemu disana ya *amin* πŸ˜€

    1. proker apaan ya mi? –a
      *amin amin amin* ^^

  2. yooii dah.. semoga impian nya kesampaian yah.. πŸ™‚

  3. ahem… *dikeplak karena komen nggak penting*

    1. ini apanya yg di-ahem-in? :p

Leave a Reply

