pancake itu. . . . .


Pancake . . .

= kue pan . . .

A pancake is a thin, flat cake prepared from a batter and cooked on a hot griddle or frying pan.

Intinya, pancake itu kue tipis dan datar yang dibuat dari adonan yang dimasak di penggorengan.

Begini cara membuatnya :

Bahan-bahan :

300 gr terigu

1 sdt baking powder

½ sdt soda kue

2 sdm gula halus

500ml susu cair

½ sdt garam

½ sdt vanili

50 gr mentega cair (saya sih pake blue band)

2 butir telur

Sirup untuk toping

Selai atau meses untuk isian

Cara membuat :

1. ayak terigu, campurkan baking powder dan soda kue dalam adonan

2. masukkan telur yang sudah dikocok terlebih dahulu

3. aduk perlahan dengan mengocok sambil menuang larutan susu sedikit demi sedikit, tambahkan garam, vanili, dan mentega cair, lalu aduk rata

4. panaskan teflon bulat, tuang sekitar 1 sendok sayur adonan, kemudian masak di atas api kecil hingga matang sambil sesekali dibalik angkat

5. oleskan selai atau mentega dan meses di setiap lapisan pancake

6. tuang sirup untuk toping dan beri garnish diatasnya

 

Sejujurnya ini adalah pengalaman pertama saya bikin pancake. Saya tiba-tiba dapet ilham buat masak di hari raya ied adha kemarin. Tiba-tiba pengen bikin kue, mau bikin kue kering eh bakal lama jadinya, mana saya kerja sendirian. Akhirnya setelah bertapa (lebay :p) akhirnya dapat ilham buat bikin pancake. Kue yang mudah dibuat, karena bahan-bahannya sudah pasti dapat ditemukan dirumah.

Setelah sekitar 1 jam-an memasak, jadilah beberapa lembar pancake. Kemudian saya olesi tiap lapisnya dengan selai blueberry, strawberry, dan coklat meses. Kemudian di lapisan paling atas, saya beri toping sirup dan kebetulan nemu susu kental manis coklat.. Saya tuang deh.. 😀

Setelah dimakan, mama saya memang komen kalo pancake buatan saya enak dan empuk (yaiyalah, telornya aja dua butir –“). Cuma yang saya sesalkan, dengan bahan segitu, saya hanya dapat membuat 6 porsi pancake itupun dengan ketebalan tiap lapis yang tidak terlalu tebal. Pantesan aja pancake yang dijual di cafe atau resto pancake itu mahal. Bahannya banyak, tapi hasilnya sedikit.. –”

pancake (yang tipis) itu.. --"

Saya gak kebayang kalo pancake yang ada di gambar buku-buku resep atau di resto-resto itu membutuhkan baking powder sebanyak apa dan selama apa mengocoknya sampe si pancake bisa mengembang dengan maksimal. –“

5 comments

  1. (unsure) pancakenya terlihat enak (mmm) dan lebih bagus daripada punya saya 😦 *gak baket* 😆

    1. hehehe.. 😆
      kurang tebel tapi itu mi.. tipis beud pancakenya.. –“

  2. yoancrayon · · Reply

    dah lama gak dibikinin

    1. dibikinin siapa gi? ciyeee.. :p

  3. kissypalms92 · · Reply

    sejenis dengan blogku
    visit : falconnie14.wordpress.com
    hihihi

Leave a Reply

