nasi jagung pasar minggu..


Nasi jagung. Saat saya mencoba mengetikkan frase nasi jagung di kolom pencarian google  (kurang kerjaan banget sebenarnya :p), muncullah beberapa alamat situs hasil pencarian, salah satunya wikipedia.org, kemudian tanpa ragu saya klik situs wikipedia yang menjelaskan mengenai nasi jagung tersebut.

Nasi jagung (Nasek empog) adalah variasi nasi khas bagi masyarakat Madura. Nasi ini terdiri dari nasi putih yang dicampur dengan biji jagung yang telah dimasak bersama dengan nasi tersebut. Nasi jagung sama dengan nasi putih biasa dimakan dengan lauk-pauk lainnya.

Saat membaca deskripsi nasi jagung, saya kaget karena ternyata nasi jagung adalah makanan khas orang madura. Saya ini keturunan madura tapi kok gak pernah tau kalo nasi jagung itu makanan khas madura (parah! hahaha) . Dan kemudian saya beranikan bertanya ke mama saya yg konon adalah orang madura asli. Eh, mama saya mengakui bahwa nasi jagung memang makanan khas madura, tapi itu sih dulu saat beras masih jarang di pulau madura.

Yak, bicara soal nasi jagung, pagi tadi saya telah melahap sepiring nasi jagung di suatu area semacam bazaar rutin yang memang digelar tiap hari minggu di kota saya tercinta, kota Malang, tempat itu biasa disebut Pasar Minggu. Sejujurnya saya gak tahu pasti sejak kapan Pasar Minggu itu diselenggarakan, tapi yang jelas hampir setiap orang Malang pasti pernah pergi ke tempat itu. Area pasarnya digelar mulai dari  jalan di depan Perpustakaan Umum Kota Malang sampai perempatan Pizza Hut (Jalan Semeru).

Saya termasuk orang yang jarang jalan-jalan ke Pasar Minggu. Saya sih lebih memilih menikmati minggu pagi saya dengan ngerapel tidur atau beres-beres rumah. Tapi pagi ini berbeda, saya diajak teman-teman untuk berhedon ria di Pasar Minggu, awal mulanya karena salah seorang  teman saya ngidam makan rujak semeru sih. Oiya, sekedar info : rujak semeru itu juga suatu menu wisata kuliner di Malang yang lokasinya bertempat di Jalan Semeru (depan Stadion Gajayana Malang), menu yang disajikan pastinya rujak manis dengan porsi besar (potongan buahnya juga besar) dipadu dengan bumbu (gula merah dan kacang) yang melimpah ruah.

Pagi tadi setelah mengitari kawasan pasar minggu yang selalu ramai, akhirnya saya dan teman-teman memutuskan untuk sarapan nasi jagung. Awalnya saya menolak sih, soalnya menurut pengalaman nasi jagung itu bikin kembung dan gak enak karena rasanya hambar (meskipun saya suka makanan yang hambar tapi kehambaran nasi jagung ini kelewat parah -_-“). Dan akhirnya saya pun mengalah mengikuti keinginan teman-teman untuk sarapan di sebuah stand makanan yang menyediakan nasi jagung (lokasinya di sekitar bundaran dekat pintu masuk stadion Gajayana).

Menu yang saya pilih : nasi jagung + sayur pecel + dadar jagung + mendol + telur dadar dan tak lupa pula sambal! Wejangan dari saya : buat sesiapapun yang akan mencoba makan nasi jagung, jangan lupa bubuhkan sambal atau kuah-kuah lauk lain yang memiliki rasa pekat, karena jika tidak, maka nasi jagung anda akan terasa hampa hambar tanpa rasa. :p


piring nasi yang di sebelah pojok kiri bawah itu kepunyaan saya =9

Harus saya akui, nasi jagung yang saya makan tadi pagi memang enak, hanya saja tampak aneh di mata saya karena jagung di nasi tadi lebih mendominasi isi ‘nasi jagung’ daripada nasi jagung yang biasanya saya makan (biasanya berasnya yang lebih banyak). Aneh sih tapi tetap saja dimakan, hehehe. Tapi untungnya dadar jagung dan mendolnya enak, membuat saya mampu menghabiskan nasi jagung beserta laukpauknya. Ditambah lagi karena saya adalah orang yang pantang untuk menyisakan makanan! :p

Saya suka makan!! 😀

8 comments

  1. =)) updatenya sama =)) heeee

    fifi keturunan madura gak tahu, aku aja yg terdampar dibali sukanya nasi jagung -__-“

    1. beneran aku gak tahu.. hahaha =))
      abisnya kalo mudik gak pernah dicekokin nasi jagung sama eyangku. :p
      dirumahpun mama gak pernah bikin nasi jagung. hehehe

  2. ya ampyyuuun..ternyata first time makan nasi jagung..gimana rasanya enak ya…memang nasi jagung itu khasnya orang madura…jadi campur-campur gitu deh…hehehee

    1. eh eh, bukan pertama kalinya juga sih. sebelumnya udah pernah, cuma gak kerasa enaknya dan rasanya perut jadi kembung abis makan. 😦
      tapi jujur kmaren itu enak nasi jagungnya.. jadi pengen lagi.. =9

  3. aku ga bisa ikoooooottt. . *nangis darah*

    1. la kamu kemana jun? dihubungi gak bisa.. 😦

    2. makanya ta, tak SMS tak telp gak bisa

      1. abis dari gunung gak ada listrik tah jun sampe hapemu mati? :p

Leave a Reply

